Pages

Senin, 10 Mei 2010

Ruby

SEJARAH RUBY

Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Pada tahun 1993 Yukihiro ingin membuat sebuah bahasa skripting yang memiliki kemampuan orientasi obyek. Pada saat itu pemrograman berorientasi obyek sedang berkembang tetapi belum ada bahasa pemrograman scripting yang mendukung pemrograman obyek.
Penulisan Ruby dimulai pada Februari 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari Ruby. Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro menulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 sudah terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengontribusikan perkembangan Ruby.
Saat ini Ruby telah berkembang tidak hanya di Jepang, tetapi diseluruh dunia. Bulan Agustus tahun 1996, Macintosh telah melakukan kerja sama dengan mengintegrasikan Ruby on Rails pada Mac OS X v10.5 Leopard yang akan diluncurkan bulan Oktober 2007. Ruby yang biasa disingkat dengan RoR dikembangkan dengan pola Model-View-Controller (MVC). Ruby juga dapat diterapkan pada teknologi Asynchronous JavaScript dan XML (AJAX).

TIPE DATA
Ruby memiliki tiga jenis tipe data primitif, yaitu Number, Float, dan String.
 Float
Float Length Name Range
32 bits Float -231 to 231-1

 Number
Tipe Number merupakan tipe data yang berupa angka – angka.

 String
Merupakan kumpulan dari beberapa Char.

0 komentar:

Posting Komentar